Referral Banners

Investing.comForex Charts powered by Investing.com

Tutorial Cara Membuat Subtitle Film Bahasa Indonesia dengan Cepat dan Mudah

            Pada postingan kali ini saya akan membahas kembali tentang Subtitle. Kalau pada kesempatan terdahulu saya uraikan Tutorial Cara Membuat Subtitle Sendiri dan Tutorial tentang Cara Menambahkan SubtitleVideo Youtube, maka pada kesempatan ini saya akan uraikan Tutorial Cara Membuat Subtitle Film Bahasa Indonesia dengan Cepat dan Mudah.

            Memang sudah banyak subtitle berbahasa Indonesia yang dapat dengan mudah kita cari di Internet, namun jika itu adalah Film yang tergolong masih baru terkadang kita susah mencari subtitle-nya. Yang banyak didapati adalah subtitle berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

            Tidak apa-apa, jika memang Subtitle Film yang kita cari di Internet belum tersedia dalam bahasa Indonesia, kita ambil saja yang berbahasa Inggris atau lainnya yang nanti akan kita terjemahkan ke dalam bahasa Indoonesia dengan bantuan Google Translate. Tapi kita tidak perlu repot-repot mengedit satu persatu title dari keseluruhan isi subtitle yang akan kita terjemahkan, karena kita dibantu oleh software edit yang bias langsung terhubung dengan Google.

Sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya..

            Yang pertama kita butuhkan adalah software untuk mengedit subtitle, yang saya gunakan kali ini adalah Subtitle Edit. Dan yang kedua tentu adalah Subtitle Film yang masih berbahasa asing (inggris) sebagai bahan utamanya, kita bias mencarinya DISINI. Dan yang paling penting sekali adalah Koneksi Internet.

Langsung saja kita Action :
  • Buka Software Subtitle Edit. Klik File > Open (Ctrl+O) atau  klik pada icon folder, pilih subtitle yang akan kita terjemahkan ke Bahasa Indonesia lalu klik Open.

  • Setelah itu klik menu Auto-translate lalu pilih Translate (Powered by Google).

  • Setelah muncul jendela baru, pilih bahasa yang kita inginkan (Bahasa Indonesia). Termasuk didalamnya kita harus memilih bahasa dari file subtitle asal (misal English / French kalau bahasa subtitle itu Inggris / Prancis). Kemudian klik Translate.
  • Tapi sebelumnya kita harus yakin bahwa koneksi internet kita benar-benar baik.

  • Tunggu proses translatting oleh Google berjalan secara otomatis.

  • Jika proses sudah selesai sampai dengan baris terakhir, klik OK.


Gambar berikut adalah penampakan hasilnya :

List view

Source view

  • Langkah terakhir adalah menyimpan hasil translatting. Beri tanda untuk memudahkan kita mencari file yang baru kita buat. Misal dengan menambahkan "*_in" atau "*.in" dalam memberi titel / nama file untuk memudahkan kita mengenali bahwa file ini adalah terjemahan Bahasa Indonesia.

  • Simpan / Save. Jangan lupa Save as type kita pilih SubRip (*.srt) atau SRT File.
  • Klik Save, selesai sudah proses pembuatan Subtitle Film Bahasa Indonesia dengan Cepat dan Mudah.

Memang mudah bukan? Selamat Berkarya.

Sekarang kita tidak lagi khawatir bahwa Film yang akan kita tonton tidak mempunyai terjemahan Bahasa Indonesia. Lebih dari itu kita tentu juga bisa menterjemahkannya ke bahasa-bahasa lain jika kita menginginkannya.

Baca artiklel ini juga :
  • Download software Subtitle Edit DISINI
Ditulis oleh : Ahmad Wahyudi




Uploads by Ud'z Production


Popular Post

Arsip Blog

Analystic


The Currency Converter is powered by Investing.com

Site Info


hit counter

Sebuah Catatan Ringan

Ternyata menjadi penulis bukanlah suatu pekerjaan yang mudah...
Propellerads

Koleksi Lirik Lagu