Referral Banners

Investing.comForex Charts powered by Investing.com

Tutorial Cara Membuat Subtitle Sendiri


Setelah postingan saya sebelumnya tentang Nonton Youtube ber-Subtittle, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara membuat Subtittle. Software andalan saya adalah Media Subtitler dari DivXLand.
Langsung saja kita buka video yang akan kita buat subtitle-nya, disini saya coba membuat subtitle text Karoke untuk video Live Eko Music Entertainment dengan judul KASIH – Cipt. Rita Sugiarto.
Pertama kita buka Media Subtitler lalu klik File > Open Video (Ctrl+P) kemudian cari folder tempat penyimpanan file-nya dan pilih video yang akan kita gunakan. Lihat gambar dibawah :


Selanjutnya kita buat subtitle-nya, File > New subtitle (Ctrl+N) sehingga tampilan pada layar seperti ini :



Jangan lupa siapkan contekan lyric atau text-nya, carilah di internet lyric atau text yang kita butuhkan. Untuk memasukkan text-nya klik Edit > Add caption > Below current (Ctrl+A), lalu ketik satu persatu baris-baris lyric-nya. 




Terus, sampai semua text yang dibutuhkan masuk dalam list. Biarkan nilai Start/End kosong saja, karena nanti kita mengedit-nya dengan cara memutar video kita untuk  menempatkan timing yang tepat sesuai dengan berapa lama kalimat itu diucapkan dalam video tersebut.



Nah,, sekarang saatnya mengerjakan tugas yang paling penting dan yang pasti perlu penjiwaan juga.. Hehe.. Karena hal ini berkaitan dengan seniOke, Perhatikan sebelum memulai Play : 
  • Pilih/sorot text paling atas,
  • Captioning Mode pada pilihan Pres and Hold (recommended)

Jika semuanya sudah siap, sekarang saatnya Action..!! Play Videonya, dengarkan baik-baik sambil kursor kita tepat diatas tombol Apply.

Perhatikan betul-betul video yang kita putar, sehingga kita tau kapan waktunya untuk mulai menekan tombol Apply > berapa lama kita menahannya > dan kapan waktunya melepaskan tombol Apply, kemudian menekan lagi, menahan dan melepaskan, begitu seterusnya sampai dengan selesai. (Press and Hold).

Untuk mengecek apakah text yang kita masukkan sudah tepat atau sesuai dengan video tersebut, maka cobalah putar / Play video tersebut dengan Captioning Mode-nya pada posisi Preview only.


Mudah bukan..? Namun begitu kita tetap harus betul-betul konsentrasi dalam melakukan pekerjaan ini, lebih dalam lagi saya katakan bahwa ini membutuhkan penjiwaan. Begitupun ketika kita membuat Subtitle untuk film. Selamat mencoba..!!

Bagi yang belum punya Software-nya, silakan Download dari situs resminya disini.
Atau di link Mirror lainnya disini.




Uploads by Ud'z Production


Popular Post

Arsip Blog

Analystic


The Currency Converter is powered by Investing.com

Site Info


hit counter

Sebuah Catatan Ringan

Ternyata menjadi penulis bukanlah suatu pekerjaan yang mudah...
Propellerads

Koleksi Lirik Lagu