Referral Banners

Investing.comForex Charts powered by Investing.com

Cara Membuat Teka Teki Silang Online di Blog


Kali ini saya akan berbagi Tutorial tentang bagaimana cara membuat Teka Teki Silang yang bisa kita mainkan secara Online atau untuk di-publish di Blog.


Cara Membuat Teka Teki Silang Online di BlogSebelumnya, tutorial semacam ini sangat sulit ditemukan dalam pencarian di Internet, saya sendiri tidak pernah menemukan Tutorial yang lengkap mengenai ini. Jadi bagi Anda yang sedang mencari cara membuat Teka Teki Silang untuk dipasang di Blog, maka baik sekali untuk mengikuti Tutorial ini selengkapnya. Disini saya akan menggunakan kata "Crossword", dengan maksud untuk lebih mempersingkat tulisan saya.

Pertama yang kita butuhkan adalah software untuk membuat Crossword, dalam hal ini saya menggunakan Crossword Forge. Silakan Anda cari software-nya, atau Anda juga bisa mendownloadnya di link berikut :

upfile.mobi


tusfiles
Oke, langsung saja kita mulai pembuatan Crossword-nya. Saya sarankan untuk terlebih dahulu membuat daftar jawaban yang akan kita pakai, ini akan sangat membantu kita dalam prosesnya nanti. Buka Notepad, lalu ketikkan kata atau istilah yang akan kita gunakan sebanyak-banyaknya.

Cara Membuat Teka Teki Silang Online di Blog

Perhatikan setiap kata atau istilah yang akan kita pakai sebaiknya diusahakan bisa saling berhubungan huruf-hurufnya, dan usahakan membuat beberapa fariasi jumlah huruf, misalnya kita buat beberapa kata atau istilah yang hurufnya berjumlah tiga (3) huruf, empat (4) huruf, lima (5) huruf dan seterusnya. Kemudian simpan teks tersebut ditempat yang mudah ditemukan, simpan dengan nama "DAFTAR KATA.txt".

Baiklah, sekarang kita mulai saja. Buka Software Crossword Forge dan import teks yang kita buat tadi, tekan Ctrl + I.

Cara Membuat Teka Teki Silang Online di Blog

Setelah kita tekan tombol import, pada opsi selanjutnya pastikan bahwa pada "How is this data formatted" pilih opsi "Answers Only (one per line)", lalu tekan import lagi. Dan selanjutnya akan dihasilkan tampilan seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Teka Teki Silang Online di Blog

Pada tahap ini, kolom sebelah kiri masih kosong dan berwarna hitam, warna hitam inilah warna background Crossword yang kita hasilkan nanti. Untuk mengganti warnanya, kita pilih Tab "Backdrop", dan biarkan opsi pada pilihan "Solid Backdrop", lalu tekan kotak kecil berwarna hitam pada "Backdrop & Border Color" untuk memilih warna yang diinginkan. Jika kita menginginkan background menggunakan gambar, maka opsi "Solid Backdrop" kita ganti dengan "Picture Backdrop", lalu kita upload gambar dari komputer kita.

Namun hal ini tidak saya sarankan, karena nantinya akan ada kendala pada hasil akhir, pengalaman saya adalah, gambar tidak bisa ditampilkan secara Online, dan background menjadi putih. Tentu hal ini membuat kita dan penikmat karya kita bingung dan sangat tidak nyaman pada saat memainkan puzzle di Blog kita.

Cara Membuat Teka Teki Silang Online di Blog

Ok, kita lanjutkan. Tekan tombol "Make Puzzle" untuk mendapatkan pola Crossword kita, tekan dan tekan kembali untuk mendapatkan pola Crossword yang lebih baik dan sesuai dengan keinginan hati kita. Kemudian untuk mempersempit area Crossword, kita gunakan tombol "Trim" yang ada di Tool Bar Crossword Forge. Cara ini juga menjadikan pola Crossword kita padat. Caranya adalah, pada saat pola yang kita hasilkan menyisakan area kosong pada sisi-sisinya maka kita potong / Trim sebelum menekan kembali tombol "Make Puzzle".

Selanjutnya, bagaimana ...?

Ditulis oleh : Ahmad Wahyudi




Uploads by Ud'z Production


Popular Post

Arsip Blog

Analystic


The Currency Converter is powered by Investing.com

Site Info


hit counter

Sebuah Catatan Ringan

Ternyata menjadi penulis bukanlah suatu pekerjaan yang mudah...
Propellerads

Koleksi Lirik Lagu